Cara Mencegah Kanker Payudara

kanker payudara

Kanker payudara adalah yang paling umum dari semua kanker dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker. Bahkan, sebuah penelitian terbaru dari risiko kanker payudara di India mengungkapkan bahwa satu dari 28 wanita mengidap kanker payudara selama hidupnya.

Berikut adalah cara untuk mencegah kanker payudara:

  • Hindari minuman beralkohol

Secara teratur minum alkohol meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara dan lebih banyak minuman beralkohol yang Anda konsumsi setiap hari, risiko Anda akan lebih besar lagi.

  • Menyusui bayi Anda

Analisa statistik kanker di World Cancer Research Fund menemukan, wanita yang menyusui selama satu tahun selama hidupnya, tak perlu terus menerus, lima persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak menyusui sama sekali. Semakin lama seorang wanita menyusui anaknya, semakin rendah peluangnya untuk mendapatkan penyakit.

  • Melakukan rumah pekerjaan

Para ahli mengatakan bahwa menjadi aktif mengurangi risiko seorang wanita dari kanker payudara. Latihan mengurangi jumlah sel-sel lemak, yang bertanggung jawab untuk pelepasan hormon seperti estrogen dan testosteron. Ini adalah sel-sel lemak yang diduga untuk mendorong pertumbuhan tumor.

  • Merasakan sinar matahari pagi

Sinar matahari adalah cara terbaik untuk meningkatkan persediaan vitamin D, yang dapat menurunkan risiko kanker payudara, kata para peneliti Kanada. Uji laboratorium menunjukkan sel-sel payudara dapat mengkonversi vitamin D untuk suatu hormon yang memiliki sifat anti-kanker. Waktu berjemur yang paling baik tentu saja di pagi dan sore hari. Kebiasaan berjemur di siang hari yang terik untuk menghitamkan kulit seperti yang dilakukan oleh orang Amerika tentu tidak dianjurkan karena akan meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

  • Hindari bahan kimia yang tidak sehat

Ahli gizi Conner Middelmann-Whitney memperingatkan, jangan mengkonsumsi makanan dan minuman dalam kaleng dan tidak memasukkan makanan berwadah plastik ke dalam microwave. Makanan tersebut mengandung bahan kimia yang berperilaku seperti estrogen, yang meningkatkan risiko kanker payudara.

  • Mengurangi kolesterol

Wanita yang mengkonsumsi statin (obat penurun kadar kolesterol) selama lebih dari sepuluh tahun, berisiko dua kali lipat terkena karsinoma duktal invasif, atau IDC, jenis yang paling umum dari kanker payudara, menurut Fred Hutchinson dari Cancer Research Center . Sementara studi menunjukkan penggunaan jangka pendek statin tampaknya memiliki efek perlindungan terhadap kanker payudara, dalam jangka panjang, statin dapat merusak jalur kimia tertentu yang malah menyebabkan pertumbuhan tumor. Namun, jangan berhenti minum statin tanpa konsultasi dokter.

  • Mengurangi kerja shift malam

Peneliti dari Denmark mengklain, wanita yang bekerja setidaknya tiga malam dalam seminggu selama enam tahun atau lebih dua kali lebih mungkin untuk mengidap kanker payudara.

Silahkan baca juga Pengobatan Kanker Payudara untuk informasi pengobatannya !

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *