Cara Mengurangi Risiko Terserang Kanker

sel kanker 1Kanker memang penyakit yang sangat rentan menyerang manusia. Kanker tidak memandang usia, jenis kelamin serta apapun yang dapat menjadi pembeda antar manusia. Lalu, bagaimana cara agar tidak terserang kanker ?

Berikut ini adalah cara mengurangi resiko terkena kanker:

  • Jangan Abaikan Rasa Nyeri

Jangan mengabaikan rasa nyeri yang muncul. Pasalnya, pasti terdapat masalah pada bagian tubuh yang terasa sakit. Jadi, bila bagian seperti panggul, payudara dan kepala terasa sakit segera periksa ke dokter untuk memastikan keadaan.

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Dengan mengonsumsi makanan bergizi, risiko terkena penyakit kanker bisa berkurang sampai 40%. Makanan bergizi harus memenuhi asupan sehari-hari. Paling tidak, terdapat dua hingga tiga porsi buah-buahan setiap hari. Kurangi konsumsi makanan siap saji karena mengandung tinggi kalori.

  • Minum Air Putih

Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu mencegah kanker kandung kemih. Jadi, mulailah meminum dua liter air putih dalam sehari. Ditambah, beberapa jus segar. Jus sayuran pun bisa dicoba untuk menurunkan risiko terserang kanker.

  • Olahraga Teratur

Risiko terserang penyakit kanker bisa menurun hingga 20% dengan teratur berolahraga. Jadi, cobalah berolahraga dengan beberapa jenis latihan kecil paling tidak tiga kali dalam sepekan. Bahkan, berjalan kaki selama 20 menit sehari pun membantu menurunkan potensi risiko kanker. Olahraga teratur juga memiliki manfaat lain yaitu, membantu menurunkan berat badan.

  • Konsumsi Kafein

Kafein membantu mengurangi potensi terserang kanker otak hingga 40%. Beberapa survei mengatakan kafein melawan sel kanker otak. Empat sampai lima gelas kopi bisa membantu mencegah risiko terserang kanker otak.

  • Jauhi Ponsel

Terdapat kaitan antara radiasi dari telepon seluler dan kanker otak. Oleh karena itu, akan lebih baik jika tetap berjaga jarak dengan ponsel. Gunakan ponsel saat menerima panggilan dalam waktu singkat atau gunakan hands free sebagai cara pencegahan mengurangi tingginya radiasi saay menelepon.

  • Tambah Konsumsi Vitamin D dan Kalsium

Vitamin D dan kalsium penting untuk mencegah risiko terserang kanker tulang. Jadi, mulailah mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin D dan kalsium yang tinggi. Selain itu, konsumsi suplemen kalsium pun satu atau dua kali sepekan dapat menambah asupan kalsium ke dalam tubuh.

Facebook Comments