Kanker Mulut Menjadi Kanker Ke-10 Paling Umum Pada Pria

mulut

Kanker mulut yang terkait dengan pola makan yang buruk, minum dan merokok – sekarang kanker paling umum pada pria 10, menurut angka baru. Data yang dirilis oleh Cancer Research UK menunjukkan sekitar 7.300 orang didiagnosis dengan kanker mulut (biasa disebut kanker mulut) di Inggris pada tahun 2012. Dua kali lebih banyak laki-laki (sekitar 4.900) sebagai perempuan (2.400) didiagnosis dengan penyakit ini, sebagian besar disebabkan oleh Bahkan mereka merokok lebih.

Pada tahun 2002, ada sembilan kasus kanker mulut per 100.000 orang, meningkat menjadi 12 per 100.000 pada tahun 2012. Beberapa 2.300 orang meninggal dari kanker mulut di Inggris setiap tahun – 1.500 pria dan sekitar 770 wanita. Kanker mulut termasuk kanker bibir, lidah, mulut (gusi dan langit-langit), tonsil dan bagian tengah tenggorokan (orofaring).

Gejala termasuk sakit yang tidak sembuh-sembuh, benjolan atau penebalan kulit atau selaput mulut, patch putih atau kemerahan di bagian dalam mulut, nyeri lidah, rahang kaku atau mengunyah sulit atau menyakitkan.

Diperkirakan 65% dari kanker mulut di Inggris terkait dengan merokok, sedangkan menular seksual human papilloma virus (HPV), minum alkohol dan memiliki diet rendah buah dan sayuran juga telah dikaitkan.

Dr Richard Roope, GP memimpin Cancer Research UK, mengatakan: “Ini adalah kepedulian yang nyata bahwa kasus-kasus kanker mulut terus naik dan kini telah dipecah menjadi 10 besar kanker paling umum pada pria, terutama karena sebagian besar kasus dapat dicegah.

“Kombinasi dari tembakau, minum alkohol dan HPV menyediakan koktail beracun yang telah menyebabkan ini pasang naik kanker, jadi penting bahwa orang-orang menyadari bagaimana mengurangi risiko mereka.

“Jika kanker mulut ditemukan pada tahap akhir, pilihan pengobatan kanker yang lebih mungkin terbatas dengan efek samping jangka panjang dan kemungkinan bertahan hidup miskin.”

Profesor Damien Walmsley, kepala penasihat ilmiah untuk British Dental Association, mengatakan: “Jika kanker mulut adalah melihat awal, tingkat kelangsungan hidup bisa mencapai 90%.”

Cancer Research UK meluncurkan toolkit baru untuk dokter gigi dan dokter untuk membantu mencoba dan melihat penyakit sebelumnya.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *