Makan Brokoli Dapat Mencegah Kanker Mulut

Menurut sebuah penelitian terbaru, terapi yang menggunakan ekstrak brokoli dapat melindungi Anda dari kanker mulut. Orang yang sembuh dari kanker kepala dan leher masih beresiko tinggi untuk menderita kanker lagi di mulut atau tenggorokan mereka, dan sayangnya, ini merupakan jenis kanker yang cukup fatal.

brokoliMolekul alami yang ditemukan dalam sayuran dapat melindungi lapisan mulut, di mana kanker terbentuk. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sayuran seperti brokoli, kembang kol dan kubis, memiliki konsentrasi sulforaphane yang tinggi, yang dapat membantu mengurangi efek berbahaya dari karsinogen lingkungan.

Sebagai bagian dari studi tersebut, tikus yang rentan terhadap kanker mulut diberi sulforaphane selama beberapa bulan. Kemudian para peneliti menemukan bahwa jumlah tumor dan penyebaran sel kanker berkurang.

Para peneliti kemudian mengujinya pada 10 relawan, dengan memberikan mereka jus buah yang dicampur dengan ekstrak brokoli yang kaya sulforaphane. Para peserta sama sekali tidak mengalami efek negatif dari ekstrak ini, para peneliti mendeteksi adanya perubahan pelindung pada lapisan mulut mereka, yang berarti ekstrak tersebut telah diserap dan diarahkan untuk menyembuhkan jaringan.

Para peneliti sekarang berencana untuk melakukan uji klinis yang melibatkan 40 peserta, yang telah dirawat karena kanker kepala dan leher. Para peserta akan diberi kapsul berisi bubuk biji brokoli, untuk menentukan apakah mereka dapat menoleransi pengobatan tersebut atau tidak, dan apakah obat itu memiliki dampak yang bagus pada lapisan mulut mereka – untuk mencegah kanker. Setelah itu, uji klinis yang lebih besar akan dilakukan.

Itulah informasi mengenai kandungan brokoli yang dapat di jadikan obat alternatif kanker mulut. Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat 😉

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *